PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Direct instruction berbantuan media video youtube dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen two group post-test design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 berjumlah 118 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Dari 118 siswa, sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks ulasan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media video youtube adalah 68 tergolong ke dalam kategori cukup dan belum memenuhi (KKM) yaitu 75. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks ulasan siswa menggunakan model pembelajaran Direct Instruction berbantuan media video youtube adalah 83,86 tergolong ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dan n=30, diperoleh ttabel = 2,042. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 7,69 > 2,042, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran direct instruction berbantuan media video youtube terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.
Downloads
References
Adeniawaty, Dewi, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Strategi Think Talk Write dalam Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Menulis Teks Ulasan Kelas VIII SMP.Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Penga jaranya (DIGLOSIA), 1(2), 75-78.https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.11
Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembe lajaran dalam Pendidikan Islam. Indonesia Journal of Islamic Education(TARBAWY), 6 (1),19-32.https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Cekman, Jamaludin. (2023). Efektivitas Model Direct Instruction terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA N 5 Lubuklinggau.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah (JIMPS),8(4), 4953-4963. https: //doi.org/10.24815/jimps.v8i4.27067
Erniati, Sri Ayuwandri, dkk. 2023. Penerapan Metode Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Kelas XI SMKS YAPMI Makassar. Jurnal Edukasi Nonformal(UM-Tapsel), 4(1), 12-17. https://ummaspul.e-journal. id/JENFOL/article/view/5492
Esriani & Wening Rahayu. (2021). Penggunaan Video Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendi dikan Tambusai, 5(3), 6150-6156.https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1920
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo.
Komalasari, Eulis, dkk.(2021).Deskripsi Hasil Menulis Teks Ulasan Dalam Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions. Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (PAROLE),4(2), 229-236.http s://journal.ikipsili wangi.ac.id/index.php/parole/article/view/7572
Kosasih. 2014. Jenis-Jenis Teks. Bandung:Yrama Widya.
Mardianis, M. (2022). Penerapan Model Direct Instruction dan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia tentang Menulis Puisi Bebas.Jurnal Ilmiah Pendidikan(Pedagogia),14(1),15-19.https://doi.org/10.55215/ pedagogia.v14i1.4817
Merdekawati Jumatik, Agustina, Usman & Hajrah. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Video Youtube “Kompas TV” Siswa Kelas VIII SMPN 3 Sangguminasa. Jurnal Pembe lajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (TITIK DUA), 3(2), 103-109.https://ojs.unm.ac.id/titikdua/article/download/47021/21974
Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 tentang KI dan Kd K13 SD, SMP, SMA. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%2037%20Tahun%202018.pdf. Diakses pada 10 Januari 2024.
Purnowo, Agus, dkk. 2022. Pengantar Model Pembelajaran. Lombok: Yayasan Hajah Diha.
Putry, & Hilmi, Danial. (2020). Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran di ERA 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmiah (Tarbiyatuna), 5(1), 1-24. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i1.3870
Sari, Novita, dkk. (2020). Strategi Menangani Kesulitan Menulis (Digrafia) Melalui Pembelajaran Partisipatif di Sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (GHANCARAN),2(1), 56-63.https://doi. org/10.19105 /ghancaran.v2i1.3265
Sitompul, Dian Novianti & Isra Hayati. (2019.) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. Jurnal Pendidikan Akuntansi,( LIABILITIES)2(3) 243– 53.https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023
Sohimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Ritonga, E. T. A., & Hajar, F. I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Swasta Al Ittihadiyah Tahun Pembelajaran 2022-2023. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7399-7404.https://doi.org/10.47492/jip.v3i8.239
Winarti,W. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Melalui Metode Inves tigasi Kelompok Pada Siswa Kelas VIII-A Di SMP Negeri 3 Karangjati Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 5(3),62-67. https:// ejurnalkotamadiun.org/index.php/JUREVDIK/article/view/1460
Winata,I.K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13-24.https://doi.org/10.32585/ jkp.v5i1.1062
Wulan Dari, C., dkk. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Direct Instruction Terhadap Kemampu an Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMPN 9 Padang. Alinea(Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran), 3(1), 25-33. https://doi.org/10.58218/alinea.v3i1.437
Yustiyawati, Cahyo, dkk. (2021) . Analisis Keterampilan Menulis Teks Ulasan Dengan Metode Quantum Learning Berbantuan Google Classroom. Jurnal Ilmiah SEMANTIK, 3 (01),1-14. https://doi.org/10.46772/semantika.v3i01.456