PEMEROLEHAN BAHASA PADA PENGUCAPAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA PAYAMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi serta memahami bentuk dan faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa pada anakekolah dasar di Desa Payaman. Dengan pendekatan kualitatif dan metode naratif, penelitian ini mendalami pengalaman anak dalam proses pembelajaran bahasa yang dilakukan seorang anak di Desa Paryaman. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, pencatatan, dan perekaman, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan metode padan pragmatis. Hasil penelitian ini adalah terdapat faktor yang memengaruhi yaitu faktor internal mencakup keterbatasan kemampuan artikulasi anak pada tahap perkembangan tertentu, dan faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian dan stimulasi verbal dari lingkungan keluarga serta ditemukan fenomena substitusi bunyi (sepuluh, keluar, kerbau, keluarga , suara, rumah, memang, sendok), penghilangan bunyi (kerbau), dan penggantian bunyi (bus, kucing, mobil, duit, dan ramai) pada pada huruf konsonan maupun vokal. Tetapi terdapat kata yang dapat diucapkan dengan benar yaitu gendong, awan, cinta, dan senyum. Interaksi verbal yang intensif, penggunaan metode bermain, dan pemberian contoh pengucapan yang benar dapat membantu memperbaiki kemampuan berbahasa anak.
Downloads
References
Apriyanti Nurliyah, Y. H. (2024). Analisis Faktor Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia 6 Tahun Dengan Riwayat Speech Delay Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(11), 3115–3122.
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202
Darmanita, S. Z., & Yusri, M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24–34. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75?utm_source=chatgpt.com
Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/5315?utm_source=chatgpt.com
Dwi, L. A., & Zulaeha, D. I. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/17272?utm_source=chatgpt.com
Fatih, M. K. (2019). Epistemologi psikoanalisa : menggali kepribadian sosial dalam perspektif Sigmund Freud. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 20–31. https://www.researchgate.net/publication/386284864_Epistemologi_Psikoanalisa_Menggali_Kepribadian_Sosial_Dalam_Perspektif_Sigmund_Freud?utm_source=chatgpt.com
Fatmawati, S. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak. Lentera, 18(1), 63–75. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/429?utm_source=chatgpt.com
Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Lentera, 17(1). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/429?utm_source=chatgpt.com
Fitriana, D., & Sahwitri Agustin, V. (2023). Analisis Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Sciene Research, 3(6), 4580–4588. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Ihsan, N. (2021). Pemerolehan Leksikon Pada Anak Usia 2 Tahun. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 244-265.https://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/Adabiyyat/article/view/1729
Imaratul, U. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elemantary School (JOES), 11(1), 1–14.
Irawati, R. A., Maulia, L., Ilmu, F., Universitas, B., Jalan, P., Bandung, R., & Km, S. (2022). Proses Fonologis Dan Faktor-Faktor Yang Terlibat Dalam Ujaran Anak Berusia Tiga Tahun : Sebuah, 210–220.
Lestari, S. R., Noviyanti, S., & Astuti, R. W. (2024). Perkembangan Pemerolehan Bahasa dan Alat-alat Tubuh yang Berperan dalam Pemerolehan Bahasa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1895-1901.
http://www.irje.org/index.php/irje/article/view/1324
Mahajani, T., & Muhtar, R. H. (2019). Pemerolehan Bahasa dan Penggunaan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 170. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i3.46477
Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nafisah, I., Lestari, P., & Sumarlam. (2017). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 9-10 ( Studi Kasus di SDN Tugu Surakarta ). Prosiding SemNas UMP, 98–106. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/transling
Prastiwi, M. W., Wahyu Ningsih, S., Raskian Aji, D., Kholifatul, R., & Fauziah, M. (2024). Analisis Pemerolehan Bahasa Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 8 Tahun. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 570–580. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.809
Priharsari, D., & Indah, R. (2021). Coding untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 21(2), 130–135. https://doi.org/10.24815/jks.v21i2.20368
Rosmanti, R., & Rukiyah, S. (2023). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Literatur dalam Psikolinguistik) Language Acquisition in Children (Review of Literature in Psycholinguistics). Jurnal Ilmiah Multidisipline, 320(9), 320–325. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/981/1031
Sari, N. W. A. P., & Pratiwi, H. A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 5 Tahun (Sebuah Kajian Studi Kasus). Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 709–714. https://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/932?utm_source=chatgpt.com
Sulaiman, Z. (2020). Kajian Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Enam Bulan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 110. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i2.2968
Supriadi, A., Nurmalina, N., Rizal, M. S., & Marta, R. (2021). Analisis Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 7 Sampai 8 Tahun Di Desa Padang Mutung. Indonesian Research Journal on Education, 1(1), 35-43 https://doi.org/10.31004/irje.v1i1.10
Wiranda, & Nirmawan. (2023). Pemerolehan bahasa pada anak. EduLitera: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 32–39.https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2490
Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD LESTARI Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346
Zulkhi, M. D., Wardani, R., Oktafia, S. R., Anggraini, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak di Sekolah Dasar. Repository Unja. https://repository.unja.ac.id/6455/1/5.%20A1D118085%20RISKA%20WARDANI.pdf?utm_source=chatgpt.com