PEMEROLEHAN BAHASA PADA PENGUCAPAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA PAYAMAN

  • Septi Ayu Widia Ningrum Universitas Muria Kudus
  • Kustina Puji Astuti Universitas Muria Kudus
  • Zumroh Kusuma Darmasari Universitas Muria Kudus
  • Qurrotu A’yunina Fais Universitas Muria Kudus
  • Rani Setiawaty Universitas Muria Kudus
Keywords: artikulasi, interaksi, pemerolehan, pengucapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi serta memahami bentuk dan faktor-faktor yang memengaruhi pemerolehan bahasa pada anakekolah dasar di Desa Payaman. Dengan pendekatan kualitatif dan metode naratif, penelitian ini mendalami pengalaman anak dalam proses pembelajaran bahasa yang dilakukan seorang anak di Desa Paryaman. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, pencatatan, dan perekaman, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan metode padan pragmatis. Hasil penelitian ini adalah terdapat faktor yang memengaruhi yaitu faktor internal mencakup keterbatasan kemampuan artikulasi anak pada tahap perkembangan tertentu, dan faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian dan stimulasi verbal dari lingkungan keluarga serta ditemukan fenomena substitusi bunyi (sepuluh, keluar, kerbau, keluarga , suara, rumah, memang, sendok), penghilangan bunyi (kerbau), dan penggantian bunyi (bus, kucing, mobil, duit, dan ramai) pada pada huruf konsonan maupun vokal. Tetapi terdapat kata yang dapat diucapkan dengan benar yaitu gendong, awan, cinta, dan senyum. Interaksi verbal yang intensif, penggunaan metode bermain, dan pemberian contoh pengucapan yang benar dapat membantu memperbaiki kemampuan berbahasa anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti Nurliyah, Y. H. (2024). Analisis Faktor Pemerolehan Bahasa Kedua Anak Usia 6 Tahun Dengan Riwayat Speech Delay Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(11), 3115–3122.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.202

Darmanita, S. Z., & Yusri, M. (2020). Pengoperasian Penelitian Naratif dan Etnografi; Pengertian, Prinsip-Prinsip, Prosedur, Analisis, Interpretasi, dan Pelaporan Temuan. As-Shaff: Jurnal Manajemen Dan Dakwah, 1(1), 24–34. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/asjmd/article/view/75?utm_source=chatgpt.com

Dewi, A. K., Yulianingsih, Y., & Hayati, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 83–92. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/5315?utm_source=chatgpt.com

Dwi, L. A., & Zulaeha, D. I. (2017). Tindak Tutur Ekspresif Humanis dalam Interaksi Pembelajaran di SMA Negeri 1 Batang: Analisis Wacana Kelas. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 111–122. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/view/17272?utm_source=chatgpt.com

Fatih, M. K. (2019). Epistemologi psikoanalisa : menggali kepribadian sosial dalam perspektif Sigmund Freud. Madinah: Jurnal Studi Islam, 6(1), 20–31. https://www.researchgate.net/publication/386284864_Epistemologi_Psikoanalisa_Menggali_Kepribadian_Sosial_Dalam_Perspektif_Sigmund_Freud?utm_source=chatgpt.com

Fatmawati, S. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak. Lentera, 18(1), 63–75. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/429?utm_source=chatgpt.com

Fatmawati, S. R. (2015). Pemerolehan bahasa pertama anak menurut tinjauan psikolinguistik. Lentera, 17(1). https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/429?utm_source=chatgpt.com

Fitriana, D., & Sahwitri Agustin, V. (2023). Analisis Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Sciene Research, 3(6), 4580–4588. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Ihsan, N. (2021). Pemerolehan Leksikon Pada Anak Usia 2 Tahun. Adabiyyat: Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(2), 244-265.https://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/Adabiyyat/article/view/1729

Imaratul, U. (2019). Pengaruh Story-Reading (Buku Bilingual) Terhadap Perkembangan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini. Journal of Elemantary School (JOES), 11(1), 1–14.

Irawati, R. A., Maulia, L., Ilmu, F., Universitas, B., Jalan, P., Bandung, R., & Km, S. (2022). Proses Fonologis Dan Faktor-Faktor Yang Terlibat Dalam Ujaran Anak Berusia Tiga Tahun : Sebuah, 210–220.

Lestari, S. R., Noviyanti, S., & Astuti, R. W. (2024). Perkembangan Pemerolehan Bahasa dan Alat-alat Tubuh yang Berperan dalam Pemerolehan Bahasa. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1895-1901.

http://www.irje.org/index.php/irje/article/view/1324

Mahajani, T., & Muhtar, R. H. (2019). Pemerolehan Bahasa dan Penggunaan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(3), 170. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i3.46477

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Nafisah, I., Lestari, P., & Sumarlam. (2017). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 9-10 ( Studi Kasus di SDN Tugu Surakarta ). Prosiding SemNas UMP, 98–106. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/transling

Prastiwi, M. W., Wahyu Ningsih, S., Raskian Aji, D., Kholifatul, R., & Fauziah, M. (2024). Analisis Pemerolehan Bahasa Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 8 Tahun. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 570–580. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.809

Priharsari, D., & Indah, R. (2021). Coding untuk menganalisis data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 21(2), 130–135. https://doi.org/10.24815/jks.v21i2.20368

Rosmanti, R., & Rukiyah, S. (2023). Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Literatur dalam Psikolinguistik) Language Acquisition in Children (Review of Literature in Psycholinguistics). Jurnal Ilmiah Multidisipline, 320(9), 320–325. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/981/1031

Sari, N. W. A. P., & Pratiwi, H. A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 5 Tahun (Sebuah Kajian Studi Kasus). Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 709–714. https://proceedings2.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/932?utm_source=chatgpt.com

Sulaiman, Z. (2020). Kajian Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Enam Bulan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 110. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i2.2968

Supriadi, A., Nurmalina, N., Rizal, M. S., & Marta, R. (2021). Analisis Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 7 Sampai 8 Tahun Di Desa Padang Mutung. Indonesian Research Journal on Education, 1(1), 35-43 https://doi.org/10.31004/irje.v1i1.10

Wiranda, & Nirmawan. (2023). Pemerolehan bahasa pada anak. EduLitera: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 32–39.https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EDU-L/article/view/2490

Wulandari, D. I. (2018). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD LESTARI Desa Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.30651/lf.v2i1.1346

Zulkhi, M. D., Wardani, R., Oktafia, S. R., Anggraini, W., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak di Sekolah Dasar. Repository Unja. https://repository.unja.ac.id/6455/1/5.%20A1D118085%20RISKA%20WARDANI.pdf?utm_source=chatgpt.com

Published
2025-06-20
How to Cite
Ningrum, S. A. W., Astuti, K. P., Darmasari, Z. K., Fais, Q. A., & Setiawaty, R. (2025). PEMEROLEHAN BAHASA PADA PENGUCAPAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA PAYAMAN. IdeBahasa, 7(1), 144-153. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v7i1.240
Section
Jurnal Idebahasa Vol 7 No 1 June 2025