PADLET SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF

  • Nurul Azizah Universitas Negeri Medan
  • Bella Karisma Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Rizky Chandra Universitas Negeri Medan
Keywords: inovasi digital, media interaktif, padlet, pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penerapan media pembelajaran digital. Padlet, sebagai salah satu platform digital yang menawarkan kemudahan dalam kolaborasi dan berbagi informasi, telah banyak digunakan untuk meningkatkan interaktivitas dalam pembelajaran. Padlet memudahkan peserta didik dan guru berkolaborasi melalui tulisan, video, gambar, dan tautan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Padlet sebagai media pembelajaran interaktif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka yang mencakup buku, artikel jurnal, dan penelitian terdahulu yang relevan dengan topik. Kajian ini didasarkan pada teori konstruktivisme dan pembelajaran kolaboratif, yang menekankan pentingnya peserta didik terlibat aktif dalam membangun pengetahuan melalui interaksi dan kolaborasi. Penelitian ini menggunakan desain kajian pustaka dengan metode dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif, dengan cara mengidentifikasi, mengkategorikan, dan mensintesis temuan-temuan yang berkaitan dengan penggunaan Padlet dalam proses pembelajaran. Hasil studi pustaka menunjukkan bahwa Padlet bukan hanya mempermudah dalam penyampaian materi, tetapi dapat menjadi inovasi yang signifikan dalam pendidikan, dengan kemampuan untuk mendukung kolaborasi, meningkatkan motivasi, meningkatkan hasil belajar dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih dinamis dan kreatif. Media Padlet juga mendukung pembelajaran jarak jauh yang semakin relevan dengan perkembangan teknologi. Artikel ini menegaskan bahwa media digital Padlet berperan penting dalam mengembangkan strategi belajar mengajar yang adaptif dan inovatif untuk menjawab tantangan pendidikan di masa sekarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, H., Nugraha, R. G., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Padlet ULIK (Ular Tangga Interaktif Kreatif) terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV. Journal of Education Research, 5(1), 807–814.

Aisyah, A., Lidwina, C. M., Ruth, M., & Caturm, F. D. (2024). Media Pembelajaran Interaktif : Teori Komprehensif dan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ansar, F. A. (2021). How the Implementation of Digital Media in English Using Padlet?: Qualitative Exploration Interactively. Ilkogretim Online-Elementary Education Online, Year, 20(4), 60–76. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.04.0

Apriliana, A. (2022). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Smp Islam Al Kautsar. Jurnal Impresi Indonesia, 1(6), 594–603. https://doi.org/10.58344/jii.v1i6.76

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT Raja grafindo persada.

Ayuanita, K., & Effendy, M. H. (2019). Model Pembelajaran Menyimak Kritis dengan Media Interaktif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Budi Santoso, R. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran digital padlet sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 478–485. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.166

Dewi, F. F., Utomo, A. P. Y., Widyawati, T. K., Rohman, D., Pramono, D., Kesuma, R. G., & Yunanda, N. S. (2024). Padlet sebagai Media Pembelajaran Teks Kritik Sastra dan Esai di SMAN 9 Semarang. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 46–58.

Eliyah, & Dwi Agustin. (2022). Mekanisme Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Masa COVID-19. Widya Accarya, 13(2), 120–126. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1253.120-126

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher Technology Change. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284. https://doi.org/10.1080/15391523.2010.10782551

Fitria, E., Rosmiati, R., & Pratama Nugroho, B. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Arab Pada SDIT Tiara Az-Zahra Palangkaraya Berbasis Android. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.371

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291–299. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.40

Hakim, L. (2023). Ragam Media Pembelajaran Sejarah Interaktif dan Menyenangkan. Guepedia.

Khoirunisa, A. R., & Kartikasari, R. D. (2022). Pengaruh Model Pembalajaran Core Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbantuan Media Padlet. 9860(3), 397–407.

Kusuma, I. P. I. (2020). Mengajar Bahasa Inggris dengan Teknologi: Teori Dasar dan Ide Pengajaran. 1–23.

Lubis, R., Simaremare, J. A., & Simanjuntak, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Padlet terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5426–5431. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4485

Maarif, S., Aprilia, R. R., Saraswati, E., & Hartiningrum, N. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Padlet pada Pembelajaran Matematika. 30, 45–57. https://doi.org/10.33503/paradigma.v29i3

Masdar Limbong, Firmansyah, Fauzi Fahmi, & Rabiatul Khairiah. (2022). Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Megat Mohd. Zainuddin, N., Mohd Azmi, N. F., Mohd Yusoff, R. C., Shariff, S. A., & Wan Hassan, W. A. (2020). Enhancing Classroom Engagement Through Padlet as a Learning Tool: A Case Study. International Journal of Innovative Computing, 10(1), 49–57. https://doi.org/10.11113/ijic.v10n1.250

Munir. (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta.

Musa, M. A. A., & Al Momani, J. A. (2022). University Students’ Attitudes towards using the Nearpod Application in Distance Learning. Journal of Education and E-Learning Research, 9(2), 110–118. https://doi.org/10.20448/jeelr.v9i2.4030

Nisa Maghfiroh, A., Muhammad Ferelian El Hilaly Daksana, & Nikhlatus Salma, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429

Nursalam, M Rais Salim, Israwati Amir, Abd. Rahim, Asia M, Suhartatik, & Sari, N. P. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Menulis Paragraf Berbasis Media Padlet pada Kelas Perkuliahan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 329–339. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11767

Nusroh, H., Kusumaningsih, N., & ... (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA siswa kelas VIII D SMPN 18 Semarang. Prosiding Seminar …, 728–734.

Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. DIVA press.

Rohmatika, A., Arianto, P., & Putra, R. M. (2020). Studi Penggunaan Aplikasi Padlet pada Kelas Menulis. 2507(February), 1–9.

Ruhiat. (2014). Strategi Pembelajaran Berbasis Tik (Teknologi Informasi & Komunikasi). WAHANA IPTEK BANDUNG.

Simanjuntak, E. B., & Naibaho, P. J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Dinding Virtual Menggunakan Aplikasi Padlet pada Tema 8 Kelas V SD Negeri 3 Pasar Panguruan T.A. 2022/2023. 9(24), 942–952.

Sudirman, Usman, & Azis, A. (2025). Keefektifan Media Padlet dalam Pembelajaran Menulis Laporan pada Siswa Kelas VI SD Metro School Makassar. 10(2), 1380–1385.

Syainatunnisa, S., Putra, A. P., & Fauzan, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Padlet pada Pembelajaran Sejarah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 429–436. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30027

Published
2025-06-20
How to Cite
Azizah, N., Karisma, B., & Chandra, M. R. (2025). PADLET SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. IdeBahasa, 7(1), 96-110. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v7i1.301
Section
Jurnal Idebahasa Vol 7 No 1 June 2025