ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA TARAKAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR

  • Asih Riyanti Universitas Borneo Tarakan
  • Sintha Agiulina Tarigan Universitas Borneo Tarakan
  • Andi Miftahul Jannah Universitas Borneo Tarakan
  • Nurhikma Mulawarman Universitas Borneo Tarakan
  • Ade Nuril Selviana Universitas Borneo Tarakan
Keywords: pembelajaran menulis, kemampuan siswa, teks prosedur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pandangan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tarakan mengenai teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi, penyebaran angket, dan wawancara terhadap peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang telah memahami pengertian teks prosedur dengan baik, tetapi masih kesulitan dalam membedakan jenisnya dan juga menuliskan teks prosedur yang disebabkan oleh faktor kurangnya motivasi dan minat peserta didik. Guru melakukan pendekatan yang berbeda dan melalui pemilihan bentuk evaluasi yang adaptif serta pemilihan jenis strategi pembelajaran yang menggunakan pendekatan peserta didik terhadap lingkungan sekitar mengenai teks prosedur terutama dalam keterampilan menulis teks prosedur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis Dalam Gamitan Pendidikan Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1). https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2823

Aminah, S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model “Picture and Picture.” Dinamika, 3(1), 34. https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.999

Aulia, A. (2020). Teks Prosedur dan Teks Eksposisi. Guepedia.

Azizah, N., Anshori, D. S., & Abidin, Y. (2020). Penggunaan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi dengan Teknik Clustering Berbantuan Media Komik Strip Digital. 111–119.

Fitriyani, K., & Mukhlish, M. (2021). Kalimat Imperatif dalam Teks Prosedur. Deiksis, 13(3), 241. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.7024

Hariyanti, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl)Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.3285

Hasmi, L., & Pohan, R. S. D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2920

Husna, M., Uswah, F., & Siregar, L. (2022). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Character-Based Writing Learning. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 385–386. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2620

Kusumah, A. W., Usada, W., Permana, A., & Siliwangi, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol 2, No(2614–6231), 949–966.

Nuraidah, A. N. S. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Guepedia.

Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. All Rights Reserved, 5(1), 193–205. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Rofi’i, A. (2020). Model Belajar Kolaboratif untuk Meningkatkan dalam Keterampilan Menulis. Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0”, 509–525.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, T., Sholeh, M., & Tobroni, T. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Juntiyuat Tahun Pelajaran 2022 / 2023 yang dipakai gulna melmpelrmuldahl cara kelrja sulatul blelnda yang blelrkaitan delngan Dalam pelnellitian ini pelnellit. 1.

Wirahyuni, K. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Permainan Teka Teki Silang Dan ‘Balsem Plang.’ Acarya Pustaka, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12731

Published
2025-06-20
How to Cite
Riyanti, A., Tarigan, S. A., Jannah, A. M., Mulawarman, N., & Selviana, A. N. (2025). ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA TARAKAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR. IdeBahasa, 7(1), 134-143. https://doi.org/10.37296/idebahasa.v7i1.308
Section
Jurnal Idebahasa Vol 7 No 1 June 2025