ANALISIS PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 KOTA TARAKAN TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan pandangan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tarakan mengenai teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan berupa observasi, penyebaran angket, dan wawancara terhadap peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak peserta didik yang telah memahami pengertian teks prosedur dengan baik, tetapi masih kesulitan dalam membedakan jenisnya dan juga menuliskan teks prosedur yang disebabkan oleh faktor kurangnya motivasi dan minat peserta didik. Guru melakukan pendekatan yang berbeda dan melalui pemilihan bentuk evaluasi yang adaptif serta pemilihan jenis strategi pembelajaran yang menggunakan pendekatan peserta didik terhadap lingkungan sekitar mengenai teks prosedur terutama dalam keterampilan menulis teks prosedur.
Downloads
References
Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Menulis Dalam Gamitan Pendidikan Karakter. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(1). https://doi.org/10.17509/eh.v4i1.2823
Aminah, S. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Dengan Model “Picture and Picture.” Dinamika, 3(1), 34. https://doi.org/10.35194/jd.v3i1.999
Aulia, A. (2020). Teks Prosedur dan Teks Eksposisi. Guepedia.
Azizah, N., Anshori, D. S., & Abidin, Y. (2020). Penggunaan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi dengan Teknik Clustering Berbantuan Media Komik Strip Digital. 111–119.
Fitriyani, K., & Mukhlish, M. (2021). Kalimat Imperatif dalam Teks Prosedur. Deiksis, 13(3), 241. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.7024
Hariyanti, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl)Pada Kelas X Dpib 1 Di Smk Negeri 2 Ciamis. Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v4i1.3285
Hasmi, L., & Pohan, R. S. D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 5(1), 51–60. https://doi.org/10.31539/kibasp.v5i1.2920
Husna, M., Uswah, F., & Siregar, L. (2022). Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter Character-Based Writing Learning. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 385–386. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2620
Kusumah, A. W., Usada, W., Permana, A., & Siliwangi, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol 2, No(2614–6231), 949–966.
Nuraidah, A. N. S. (2020). Cara Mudah Memahami Teks Prosedur. Guepedia.
Permana, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. All Rights Reserved, 5(1), 193–205. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Rofi’i, A. (2020). Model Belajar Kolaboratif untuk Meningkatkan dalam Keterampilan Menulis. Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0”, 509–525.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wati, T., Sholeh, M., & Tobroni, T. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Juntiyuat Tahun Pelajaran 2022 / 2023 yang dipakai gulna melmpelrmuldahl cara kelrja sulatul blelnda yang blelrkaitan delngan Dalam pelnellitian ini pelnellit. 1.
Wirahyuni, K. (2017). Meningkatkan Minat Baca Melalui Permainan Teka Teki Silang Dan ‘Balsem Plang.’ Acarya Pustaka, 3(1), 1. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12731