INKONSISTENSI PENGGUNAAN STRUKTUR BAHASA INDONESIA PADA E-BOOK SMK DASAR-DASAR KOMPUTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada teks e-book "Dasar-Dasar Komputer" yang digunakan di SMKS Cerdas Murni Medan. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kesalahan dalam penggunaan ejaan, struktur kalimat, dan tata bahasa yang dapat memengaruhi pemahaman pembaca terhadap materi yang disajikan. Data yang digunakan berupa teks dari e-book tersebut, yang kemudian dianalisis secara rinci untuk menemukan kesalahan bahasa. Teori yang digunakan adalah tentang pentingnya penggunaan ejaan yang tepat dan struktur kalimat yang efektif dalam menyampaikan informasi secara jelas dan mudah dipahami. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur. Analisis teks manual data menggunakan analisis wacana yang dilakukan secara deskriptif dengan mengklasifikasikan jenis kesalahan bahasa yang ditemukan serta menganalisis dampaknya terhadap keterbacaan dan pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa kesalahan signifikan, termasuk kesalahan ejaan seperti penggunaan kata yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), struktur kalimat yang terlalu panjang dan tidak efektif, serta inkonsistensi dalam penggunaan istilah teknis. Kesalahan-kesalahan ini berpotensi menghambat pemahaman terhadap materi yang diajarkan.
Downloads
References
Apriwulan, H., Romania, T., & Restiana, M. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Baliho Makanan (Kajian Morfologi). Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 65-70. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.31000/Lgrm.V10i1.4090
Afiana, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan Dalam Karangan. Konferensi Ilmiah Dasar, 68-78. Retrieved From Https://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/KID/Article/View/451/429
Aisiyah, S. (2015). Analisis Kohesi Dan Kohorensi Pada Buletin Jumat. Epigram, 11(2), 55-64. Doi:Https://Doi.Org/10.32722/Epi.V12i1.696
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. (2014). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama.
Anitasari, A., Maula, H., Amalia, F., Mudjahidah, A., Yudi Utomo, A., & Nurnaningsih. (2023). Analisis Kalimat Pada Teks Pembelajaran Buku Pendidikan Kewarganegaraan SMA/SMK Kelas XI Kurikulum Merdeka. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 18(1), 18-29. Doi:Https://Doi.Org/10.55606/Sscj-Amik.V1i5.1802
Apriyanti, L., Putrayasa, I., & Sudiana, I. (2024). Pengembangan E-Book Berorientasi Literasi Numerasi Pada Materi Perubahan Wujud Zat. Pendasi Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 40-53. Doi:Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Pendas.V8i1.3047
Aribuma, A., Amalina, A., Listiani, E., Maulana, S., Utomo, A., Kesuma, R., & Astuti, T. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Berita Pada Artikel Kompas Edisi Februari 2024 Sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis. Pustaka Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 114-133. Doi:Https://Doi.Org/10.56910/Pustaka.V4i4.1727
Arifah, A., Tashadini, A., Nuryanti, M., & Ulya, C. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Buku Biologi: Untuk Kelas X SMA Dan MA (Kajian Sintaksis). Jurnal Genre, 32-35. Doi:Https://Doi.Org/10.26555/Jg.V3i1.3389
Arifin, Z., & Hadi, F. (2011). 1001 Kesalahan Berbahasa. Jakarta: CV Akademika Presindo.
Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Budiono, A. (2021). Analisis Bentuk Kohesi Dan Koherensi Wacana Cerkak Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa SMP. SYNTAX IDEA, 2008-2018. Doi:Https://Doi.Org/10.46799/Syntax-Idea.V3i10.1524
Ciptaningtyas, W., Mukmin, B., & Putri, K. (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 161-174. Doi:Https://Doi.Org/10.22219/Jp2sd.V10i2.21788
Fadillah, M. (2019). Konsistensi Penggunaan Bahasa Jurnalistik. FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, 14(2), 1-99. Retrieved From Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/10841/1/Adi%20Novanta%2C%20411206549%2C%20FDK%2C%20KPI%2C%20085276413989.Pdf
Fajriyani, N., Ridho, M., & Laili, Q. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Di Bidang Diksi Dalam Buku Panduan Upt Perpustakaan Iain Surakarta Edisi 2018. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 55-68. Doi:Https://Doi.Org/10.23917/Humaniora.V21i1.8151
Francisca, Venneza Zahra, J., Anggraeni, S., & Aeni, A. (2022). Pengembangan E-Bookbudimas “Buku Digital Agama Islam” Untuk Pembelajaran Paipada Siswa Sekolah Dasarfrancisca1 , Jovanka Oktavia Venneza Zahra2, Sri Hesty Anggraeni3, Ani Nur Aeni4Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia1. JURNALBASICEDU, 6, 5268 -5277. Doi:Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.3043
Hidayat, R., Erwadi, Vitria Ratna, S., & Ade, V. (2017). Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E----Book Book Book Book (Electronic Book) Dengan Format Epu(Electronic Book) Dengan Format Epu(Electronic Book) Dengan Format Epu(Electronic Book) Dengan Format Epubbbb. Jurnal Nasional Teknologi Dan Informasi, 1-8. Doi:Https://Doi.Org/10.25077/TEKNOSI.V3i1.2017.1-8
Hidayat, W., Widayati, S., & Irawan, W. (2022). Analisis kesalahan ejaan pada laporan kuliah kerja nyata muhammadiyah bengkulu mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dan mahasiswa pendidikan bahasa inggris universitas muhammadiyah kotabumi tahun akademik 2019/2020. Jurnal Penelitian Dan Abdimas Griya Cendekia, 793-802. Doi:Https://Doi.Org/10.47637/Griya-Cendikia.V7i2.265
Khasanah, R., Wiarsih, C., & Ernawati, A. (2021). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Pada Karangan Narasi Menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesi (PUEBI). Jurnal IKA, 116-120. Doi:Https://Doi.Org/10.36841/Pgsdunars.V9i1.1126
Khoirunnisaa, N., & Prajawinanti, A. (2023). Analisis Pemanfaatan E-Book Sebagai Bahan Penunjang Pembelajaran Oleh Pengguna Perpustakaan SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. THE LIGHT: Journal Of Librarianship And Information Science, 11-21. Doi:Https://Doi.Org/10.20414/Light.V3i1.6251
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Limbong, T., & Simarmata, J. (2022). PKM : Pelatihan Pembuatan Buku Digital Dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal E-Pengabdian, 68-79. Doi:Https://Doi.Org/10.54367/Ulead.V1i2.1717
Muslich, M. (2010). Garis-Garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.
Nafinuddin, S. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Bahasa Indonesia. OSF, 1-16. Doi:Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/F5kbx
Naschah, A., Rahmawati, D., & Triasih. (2020). Kesalahan Berbahasa Pada Teks Berita Covid-19 Di Media Daring CNN Indonesia. Estetik Jurnal Bahasa Indonesia, 94-104. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.29240/Estetik.V3i2.1586
Nasrullah, H. (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 161-172. Doi:Https://Doi.Org/10.22219/Jp2sd.V10i2.21788
Nasution, W. (N.D.). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Buku Siswa Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VI SD Di Aceh Besar. Jurnal Tunas Bangsa, 149-159. Doi:Https://Doi.Org/10.46244/Tunasbangsa.V8i2.1645
Ningsih, F., & Ulya, H. (2024). Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Pada Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 46-51. Doi:Https://Doi.Org/10.62825/Revorma.V4i1.98
Ningsih, F., & Ulya, H. (2024). Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 46-51. Doi:Https://Doi.Org/10.62825/Revorma.V4i1.98
Nita, O. (2021). Penggunaan Kalimat Efektif Dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 272-280. Doi:Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V4i2.2174
Nugroho, A., & Daniamiseno, A. (2018). Analisis Kesalahan Bahasa Dalam E-Book Pendidikan Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, X, 115-122. Doi:Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V9i1.21690
Rantung, D., Mulyanto, A., Kadim, A., & Ashari, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Pengelolaan E-Book Kelas X TKJ Di SMK Negeri 1 Bulango Selatan. Journal Of Information Technology Education, 153-165. Doi:Https://Doi.Org/10.37905/Inverted.V3i2.20296
Saprudin, Haerullah, A., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 38-42. Doi:Https://Doi.Org/10.31851/Luminous
Saripudin, D., Yulifar, L., Fauzi, W., & Anggraini, D. (2022). Pemanfaatan Dan Penggunaan E-Book Interaktif Sejarah Lokal Jawa Barat Bagi Guru-Guru SMA/SMK Melalui In/On Training. Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 138-145. Doi:Https://Doi.Org/10.17509/Historia.V5i2.40155
Silva, I., Purnomo, D., & Zuhri, M. (2019). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme Berbantu Media E-Book Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas X Di SMKN 11 Semarang. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 311-316. Doi:Https://Doi.Org/10.26877/Imajiner.V1i6.4859
Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan. Retrieved From Https://Digilib.Uinsgd.Ac.Id/Id/Eprint/39936
Supriono, K, F., Kadir, N., Febriana, J., Rahayu, E., & T, H. (2019). Penerapan ISO 9126 Dalam Pengujian Kualitas Perangkat Lunak Pada E-Book. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 9-13. Doi:Https://Doi.Org/10.18860/Mat.V11i1.7672
Syarifudin, & Iskandar, M. (2023). Impelementasi Permen No 50 Tahun 2015 Tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia / Teknik Penulisan Karya Ilmiah Di Institut Agama Islam Qamarulhuda Bagu Lombok Tengah 2023. Jurnal Pendidikan Mandala, 471-477. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.58258/Jupe.V8i2.5418
Wahidah. (2018). Kohesi Dan Koherensi Dalam Teks Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMK Kelas X. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar, 122-128. Retrieved From Http://Eprints.Unm.Ac.Id/Id/Eprint/11043
Wahyudi, D., Wardani, M., Aiman, F., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik, 13(1), 231-238. Doi:Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V5i2.53734
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Doi:Https://Doi.Org/10.22460/Q.V2i2p83-91.1641
Zainul, R., Oktavia, B., Nasra, E., Arianti, V., Fatimah, P., & Liza, Y. (2020). Studi Pengembangan Dan Efektivitas Model Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Online Data Dengan Menggunakan Aplikasi Endnote Bagi Guru-Guru MGMP Kimia Kota Padangpanjang. OSF, 1-10. Doi:Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/2gcq7
Ziya, K. (2023). Efektifitas Penggunaan E-Book Bagi Siswa SMA. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY, 19(2), 1-64. Retrieved From Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/34440/1/Khalida%20Ziya%2C%20190503011%2C%20FAH%2C%20IP.Pdf