PENGGUNAAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN TEKNIK CLUSTERING BERBANTUAN MEDIA KOMIK STRIP DIGITAL
Abstract
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar menulis teks eksplanasi dengan teknik clustering berbantuan media komik strip digital terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperiman. Subjek penelitian ini melibatkan 54 siswa dari tiga sekolah menengah pertama, masing masing 1 kelas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu soal tes uraian menulis teks eksplanasi. Dari hasil uji t setiap kelas diperoleh nilai sig 0,000 < α(0,05). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa di tiga kelompok data dengan nilai KKM (70). Begitupun dengan hasil uji t gabungan juga menyatakan bahwa nilai sig 0,000 < α (0,05). Dengan demikian, penerapan bahan ajar menulis teks eksplanasi dengan teknik clustering berbantuan media komik strip digital efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi.
Downloads
References
Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenadamedia Group.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Perss.
Daryanto, & Aris Dwicahyono. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta : Gava Media.
Deporter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.
Diniarti, Dian Aprila. (2019). Kemampuan Memproduksi Teks Eksplanasi Melalui Metode Saintifik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Suralaga. Jurnal Mabasindo, Volume 3, Nomor 2. Diakses dari https://jurnal.mabasindo.unram.ac.id/index.php/mabasindo/article/view/74
Dirman, La Ode, dkk. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI-MIA 1 SMA Negeri 1 Barangka Melalui Metode Otentik. Jurnal Basastra, Volume 4, Nomor 2. Doi:http://dx.doi.org/10.36709/jb.v4i2.10738.
Dowson, M & Essid, Joe. (2018). Pre-Writing: Clustering. University of Richmond, Eriting Center.
Emilia, Emi. (2011). Pendekatan Berbasis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Rizqi Press.
Gusnita, Yetri, dkk. (2018). Pengaruh Teknik Copy The Master Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1, Nomor 7. Doi: https://doi.org/10.24036/9558-
Herman, Faqih Hidayaturrakhman. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Menengah Atas: Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, Volume 4, Nomor 2. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/54937-ID-penerapan-metode- demonstrasi-dalam-pembe.pdf
Hasim, Hernowo. (2017). Free Writing.Yogyakarta: Mizan Media Utama.
Ifanka, dkk. (2020). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII Menggunakan Model Picture And Picture Berbantuan Media Power Point. Junal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 3. Doi: http://dx.doi.org/10.22460/p.v3i3p295-302.4292
Ignas. (2014). Membuat Komik Strip Online Gratis. Yogyakarta: Andi.
Khaerunnisa, & Ira Azhari. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks pada Siswa Kelas XI SMK Informatika Ciputat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0”, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia. Diakses dari https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2767.
Kosasih, E. (2017). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud No.22 tentang Standar Proses Pendidikan dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Maghfirah,F, & Herowati, H. (2018). Pengembangan Media Komik Strip Sains “Pemanasan Global” untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumenep. Jurnal LENSA, Volume 7, Nomor 2. Doi:https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.24
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
McCloud, Scott. (1993). Understanding Comics: The Invisible Art. New York: Kitchen Sink Press.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.Yogyakarta: Diva Press.
Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Ramalia, Tenia, & Nirna Nirmala. (2019). Using Clustering Technique in Teaching Writing. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (JIPIS). Volume 28, Nomor 1. Doi: https://doi.org/10.33592/jipis.v28i1.231
Rifqy, Caesalpinia Ganis, & Mindaudah. (2018). Pengaruh Media Visual Komik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X MIPA 12 SMA Budi Utomo Perak Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, Volume 6, Nomor 4. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/267900891.pdf
Riwanto, Mawan Akhir, & Mey Prihandani Wulandari. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR, Volume 2, Nomor 1. Diakses dari https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/195.
Rizki, Davin, & Fitriani Lubis. (2020). Pengaruh Teknik Peer-Correction terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jurnal Sastra, Volume 9, Nomor Diakses dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/indx.php/ajs/article/download/18334/13486
Rosidi, Imron. (2014). Menulis Siapa Takut Panduan Bagi Penulis Pemula.Yogyakarta: Kanisius.
Salfera, Novi. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan
Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII. Jurnal Educatio, Volume 3, Nomor 2. Doi : https://doi.org/10.29210/12017295.
Sulyati, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Clustering Berbantuan Gambar Fotografi dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pelajar SMK. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika. Volume 7, No.2.
Tsaniyatunniswah, dkk. (2023) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Hortatory Exposition Melalui Teknik Clustering Kelas XI Mipa 3 SMA N 2 Semarang. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 976-986.
Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Lampung: Garudhawaca.