MENINGKATKAN KUALITAS BERBAHASA INDONESIA MELALUI ANALISIS KESALAHAN LINGUISTIK PADA NOVEL TUMBAL KOSAN BU ANDIN
Abstract
Penelitian ini menekankan pentingnya penyampaian bahasa yang jelas dan terstruktur untuk mendukung para pembaca lebih memahami berbahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidahnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan berbahasa yang ditemukan pada novel “Tumbal Kosan Bu Andin”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data adalah studi literatur dengan membaca, mencatat, dan mengumpulkan kesalahan pada kata frasa atau kalimat. Analisis data menggunakan analisis wacana untuk menggambarkan berbagai jenis kesalahan pada novel, termasuk kesalahan ejaan, kesalahan dalam kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan ejaan, kesalahan kalimat, kesalahan struktur kalimat, serta kohesi dan koherensi.
Downloads
References
Af, H., Setyaningsih, R. D., Aufa, A. N., Amelia, H., Prety, Y., Hanun, N., Purwo, A., Utomo, Y., Simorangkir, S. B. T., & Semarang, U. N. (2024). Analisis Kesalahan Berbahasa Teks Editorial pada Modul Ajar Bahasa Indonesia Karya Foy Ario , M . Pd . sebagai Kelayakan Bahan Ajar Membaca Kritis Siswa Kelas XII peneliti atau pengajar bahasa . Proses ini melibatkan suatu proses seperti mengumpulkan cont. https://doi.org/10.59059/perspektif.v2i4.1660
Afiana, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Tataran Ejaan dalam Karangan Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 1, 68–78. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/451
Agustin Linawati, Thomas Vacum Fitonis, UmmiMulyaningsih, & Asep Purwo Yudi Utomo. (2022). Analisis Kalimat Berdasarkan Tata Bahasa Struktural dalam Cerita Pendek Berjudul Robohnya Surau Kami karya A.A. Navis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 138–152. https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.119
Amalia, S., Jumadi, & Dewi, D. W. C. (2023). Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14. https://ejournal.warunayama.org/index.php/argopuro/article/view/1107
Aminah. (2017). Analisis kesalahan penulisan kata dan penggunaan tanda baca dalam novel tunggu aku di uleglee karya teguh winarsho. 76. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/1294/1/F0112002W.pdf
Baity, N., Soleh, D. R., & Winarsih, E. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Linguistik Pada Surat Resmi Di Universitas Pgri Madiun. Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(2), 25. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11660
Budiwati, T. R. (2011). Representasi Wacana Gender Dalam Ungkapan Berbahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris: Analisis Wacana Kritis. Jurnal Kawistara, 1(3). https://doi.org/10.22146/kawistara.3926
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Maharani, D., Septianingsih, N. A., & Putri, R. S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Fonologi pada Grup Band Korea Selatan Super Junior. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 160–169. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2577908
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Marselina, S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Alam Kerinci. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.272
Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218. https://doi.org/10.32502/jbs.v2i2.1261
Nurizka R, A., Putri P, N., Prasetyo, R. H., & Ulya, C. (2021). Telaah Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 89. https://doi.org/10.26418/ekha.v4i2.44295
Puspawati, Y. D., Slamet, S., & Surya, A. (2023). Analisis kesalahan struktur kalimat dasar pada keterampilan menulis teks wawancara peserta didik kelas iv sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(4), 1–7. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v8i4.76671
Sa’diyah, I. (2022). Kesalahan berbahasa Indonesia tulis pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis oleh peserta pelatihan menulis Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 8(2), 255–271. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.22282
Saragih, A. K., Manik, N. S., & Br Samosir, R. R. Y. (2021). Hubungan Imajinasi Dengan Karya Sastra Novel. Asas: Jurnal Sastra, 2(3), 100. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i2.26274
Sari, A. N., Soleh, D. R., & Winarsih, E. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Taksonomi Linguistik Pada Media Luar Ruang Tema Covid-19 Wilayah Madiun. Widyabastra, 10(2), 125–135. http://doi.org/10.25273/widyabastra.v10i2.15447
Shalima, I., & Wijayanti, A. (2020). Kesalahan Berbahasa Dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Tidar. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 374–386. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i2.3244
Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatiif, 2(3), 161–173. https://doi.org/10.62504/zhnv9724