ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA PADA KARYA TULIS ILMIAH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan berbahasa pada karya tulis ilmiah. Data yang digunakan karya tulis ilmiah yang telah diterbitkan yang terdiri 5 karya tulis ilmiah. Pada penelitian ini menggunakan terori tentang kesalahan berbahasa yang mencakup kesalahan ejaan, penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata baku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam karya tulis ilmiah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode studi leteratur untuk mengumpulkan data yang akan dianalisis oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode analisis wacana untuk mengidentifikasi kesalahan yang terdapat pada karya tulis ilmiah yang diteliti. Dari hasil kajian, ditemukan bahwa adanya kesalahan-kesalahan yang terdapat pada karya tulis ilmiah terhadap Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) berupa kesalahan ejaan, penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, dan penulisan kata baku yang ada pada karya tuis ilmiah yang diteliti.
Downloads
References
Alsabarni. (2022). Menelaah Kesalahan Ejaan Pada Karya Ilmiah (Makalah) Mahasiswa Semester I Komunikasi Penyiaran Islam Iain Takengon. JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(3), 01–07. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.983
Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pemasaran Sosial Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64–80. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.6654
Febrianti, Y. F., & Pulungan, R. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Masyarakat. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(1). 43-48 https://doi.org/10.32696/jip.v2i1.752
Hardini, S. (2016). Introduction To The Law Of Indonesia. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya , 2(1), 91–100. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i1.5143
Hayati, A. (2020). Analisis Kesalahan Ejaan Pada Makalah Mahasiswa Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia, (Vol. 9, Issue 2). 25-32 http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v9i2.2895
Iqbal, M., Rosramadhana, Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 120–127. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9652
Juwita, E. P., Budimanyah, D., & Nurbayani, S. (2020). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Sosietas, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513
Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Yrama Widya dan UPI.
Kriantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Maulida, U. (2021). Sintaksis Skripsi Mahasiswa Program Studi Pgmi Binamadani. Jurnal pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam. 4(1). https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1.220
Nurfaizah, A., Uin, F., & Palu, D. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Tugas Makalah Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 11–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i1.90
Nurizka R, A., Putri P, N., Prasetyo, R. H., & Ulya, C. (2021). Telaah Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 89–98. https://doi.org/10.26418/ekha.v4i2.44295
Nurwicaksono, B., D., & Amelia, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Pada Teks Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Mahasiswa. 2(2), 138–153. https://doi.org/10.21009/AKSIS
Parhan, & Maksum, G. (2022). Taksonomi Linguistik, Analisis Kesalahan Bahasa Dalam Pembelajaran. Journal of Arabic Education & Arabic Studies Website, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.39
Riyanti, E. (2017). Penggunaan Kata Baku pada Karya Tulis Ilmiah Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Jember. Jurnal Pendidikan, Bahasa & Budaya. 3(2) 80-89 https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i3.983
Rosdiana, L. A. (2020). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (Ebi) Pada Karya Ilmiah Mahasiswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31943/bi.v5i1.58
Serungke, M., Lutfiyah, A., Fadillah, M. A., Rambe, N. B., & Maulani, S. (2023). Analisis Kesalahan Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia Pada Jurnal Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 3(1), 10-16 https://doi.org/10.30821/eunoia.v3i1.2466
Siburian, L. (2020). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital Oleh Mahasiswa Pgsd Semester Ii Kelas 3 Unika Santo Thomas Sumatera Utara, School Education Journal. 2(1), 81-87 https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i1.9821
Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (Vol. 20, Issue 1). 35-43 https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i1.90
Wibisono, F., & Sari, P. (2021). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian. Jurnal Penelitian Ilmiah, 15(1), 45–50. https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2551
Widiya. (2010). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrama Widya.